title_web2.jpg

11-12

March 2010

Naskah Laut Mati dan keSAHIHan Alkitab

Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta

Sejak ditemukan oleh dua orang gembala Beduin tahun 1947, kumpulan naskah kuno yang sekarang dikenal sebagai Naskah Laut Mati (Dead Sea Scrolls) telah memicu kontroversi dan spekulasi.  Penemuan yang disebut sebagai penemuan arkeologi terbesar di abad 20 ini bahkan telah mendorong lahirnya spekulasi bahwa Alkitab perlu diganti karena naskah kitab kitab Perjanjian Lama yang ditemukan di antara kumpulan naskah kuno tersebut ada yang usianya hampir 1200 tahun lebih tua dari naskah yang tertua yang menjadi dasar Alkitab yang dimiliki saat itu.  Setelah melalui penelitian oleh berbagai akhli selama puluhan tahun, ternyata Dead Sea Scrolls (DSS) membuktikan ketelitian proses penyalinan dan penggandaan naskah Alkitab.  Naskah kuno lain dalam kumpulan DSS juga telah membantu proses penterjemahan naskah Alkitab karena memberikan latar belakang masyarakat pada masa itu.  Berbagai pendapat seputar DSS dan pengaruhnya terhadap Alkitab dan iman Kristen akan dibahas oleh Prof Craig Evans dalam Sola Scriptura 2010.

SOLA SCRIPTURA – Annual Lectures on Biblical Studies adalah rangkaian acara tahunan, dalam bentuk seminar dan kuliah yang bersifat inter-denominasi dan terbuka bagi seluruh komunitas Kristen, para intelektual Kristen (dosen dan mahasiswa teologia maupun intelektual lainnya) serta para pendeta/penginjil dan pimpinan/aktivis gereja.

Kegiatan ini dimulai tahun 2008 dengan mengundang Prof. Ben Witherington III, Ph.D., seorang pakar Perjanjian Baru dari Asbury Theological Seminary, Wilmore, KY, USA,  untuk memimpin rangkaian seminar dari tanggal 17 sampai 19 Mei 2008. Rangkaian seminar perdana SOLA SCRIPTURA ini membahas topik seputar injil yang bukan Perjanjian Baru dan Yesus yang bukan Kristus. Beryukur atas berkat Tuhan yang melimpah bagi sekitar 1300 peserta Seminar Publik, 400 peserta Seminar Akademis dan 200 peserta Seminar Biblika yang datang dari berbagai latar belakang gereja dan profesi.

Tahun 2009, tepatnya tanggal 12-14 Maret yang lalu, SOLA SCRIPTURA menghadirkan Prof. Darrell L. Bock, Ph.D.,  seorang pakar Perjanjian Baru dari Dallas Theological Seminary, USA, untuk menguak berbagai pandangan tentang Yesus. Topik “CHRISTianity or JESUSanity? dibahas secara mendalam di Seminar Publik yang dihadiri sekitar 1700 peserta dan topik “The Historical Jesus” dibahas secara detil di Seminar Akademis yang dihadiri sekitar 600 peserta dari berbagai  latar belakang gereja dan profesi.  Bagi saudara/i yang ingin memiliki rekaman Sola Scriptura 2009 dapat di’unduh’ dari website di bawah ini.

Karena acara tahunan ini telah menjadi berkat bagi banyak Jemaat Kristus di tanah air, pada tahun 2010 SOLA SCRIPTURA akan menghadirkan Prof. Craig A. Evans, Ph.D.., D.Habil.seorang Profesor Perjanjian Baru dari Acadia Divinity College, Canada yang akan mengurai topik seputar Dead Sea Scrolls (Naskah Laut Mati). Rangkaian seminar SOLA SCRIPTURA tahun 2010 ini tidak hanya diselenggarakan di Jakarta tetapi juga di Surabaya.

Prof. Craig A. Evans, Ph.D., D.Habil
Prof. Craig A. Evans, Ph.D., D.HabilDistinguished Professor of Christian Origins at Houston Baptist University in Texas
Craig A. Evans is the John Bisagno Distinguished Professor of Christian Origins at Houston Baptist University in Texas. A graduate of Claremont McKenna College, he received his M.Div. from Western Baptist Seminary in Portland, Oregon, and his M.A. and Ph.D. in Biblical Studies from Claremont Graduate University in southern California. He has also been awarded the D.Habil. by the Karoli Gaspar Reformed University in Budapest. A well-known evangelical scholar, Evans is an elected member of the prestigious SNTS, a society dedicated to New Testament studies. He also serves as the Director of the Christian Thinkers Society Fellows Program and Strategic Studies.

Visi Misi Sola Scriptura

SOLA SCRIPTURA hadir untuk membantu umat Kristen Indonesia mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus; sehingga umat Kristen Indonesia tidak mudah diombang-ambingkan bermacam-macam pengajaran yang menyesatkan dengan segala tipu muslihatnya. (Efesus 4: 13-14).

SOLA SCRIPTURA berusaha memperkenalkan umat Kristen Indonesia kepada perkembangan terkini seputar Alkitab dari para pakar Alkitab kelas dunia agar dapat menilai dengan tepat keabsahan dari berbagai informasi signifikan terbaru tentang Alkitab dan kebenarannya seperti yang diberitakan di media massa.

© Copyright 2018 Sola Scriptura Indonesia. All Rights Reserved.

Search